Random Post

Trending Topik

Popular Post

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Recent Post

CONTENT BLOGGER HERE
CONTENT TWITTER HERE
CONTENT FACEBOOK HERE

Comments

Blog Berkah. Diberdayakan oleh Blogger.

Search This Blog

Proposal PTK Matematika SD



A.     Topik Penelitian
            “Apakah dengan menerapkan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan anak terhadap mata pelajaran berhitung di kelas ?”
(PTK Siswa Kelas III SDN Parungjaya 2)
B.     Latar Belakang Masalah
                  Pelajaran berhitung adalah pelajaran yang banyak memerlukan keterampilan berpikir dan berkonsentrasi, sebab materi-materi berhitung yang sangat padat (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, geometri dan sebagainya) maka perlu adanya rumusan tujuan pelajaran berhitung yang terinci.

                  Dalam kenyataannya masih banyak sekali anak didik yang lemah dalam pelajaran berhitung. Kadang-kadang mereka sangat pintar dalam pelajaran hafalan, tetapi nilainya rendah pada pelajaran berhitung. Masalah ini memang paling banyak menimpa pada anak SD N Parung Jaya 2..
                  Sebagai anak didik bahkan berpendapat bahwa pelajaran berhitung adalah “momoknya” pelajaran. Karena itulah, diperlukan suatu metode belajar yang tepat sehingga dapat meningkatkan daya serap anak didik pada pelajaran berhitung.Berdasarkan hal di atas, maka penulis berusaha membuat suatu metode yang tepat, dan sekaligus melakukan penelitian, sampai seberapa jauhkah daya serap anak terhadap pelajaran berhitung dengan menggunakan metode diskusi. Dari hasil penelitian ini, nantinya dapat diketahui peningkatan prestasi dan nilai yang diperolah anak didik. Karena seperti diketahui, dengan menggunakan metode ini , anak didik dituntut untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga nantinya anak didik terbiasa untuk berfikir dalam memecahkan masalah yang dihadapi.
                  Pada dasarnya, pendidikan berhitung pada siswa SD N Parung Jaya 2. mempunyai tujuan sebagai berikut :
1.      Menanamkan pengertian bilangan dan kecakapan dasar berhitung.
2.      Menumpuk dan mengembangkan kemampuan berfikir logis dan kritis dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, baik pada masa sekarang dan masa mendatang.
3.      Mengembangkan kemampuan dan sikap nasional, ekonomis dan menghargai waktu.
4.      Meletakkan landasan berhitung yang kuat untuk mempelajari pengetahuan lebih lanjut.
                  Sehingga dengan diterapkan metode diskusi ini, diharapkan semua tujuan diatas dapat tercapai, sehingga prestasi siswa dalam pelajaran berhitung dapat tercapai.
C.     Perumusan dan Pembatasan Masalah
                  Permasalahan mendasar dalam penelitian tindakan kelas ini adalah “Bagaimana maningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas SD N Parung Jaya 2.Bertolak dari pemasalahan ini, maka dibutuhkan suatu metode yang tepat yang mampu meningkatkan daya serap anak terhadap mata pelajaran berhitung. Pada dasarnya masalah dalam  penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut :
“Apakah dengan menerapkan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan anak terhadap mata pelajaran berhitung di kelas III?”

Untuk Dapat yang lebih lengkapnya silahkan anda Download
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PTK SD dengan judul Proposal PTK Matematika SD. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogberkah.blogspot.com/2012/07/proposal-ptk-matematika-sd.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Minggu, 08 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Proposal PTK Matematika SD"

Posting Komentar