Random Post

Trending Topik

Popular Post

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Recent Post

CONTENT BLOGGER HERE
CONTENT TWITTER HERE
CONTENT FACEBOOK HERE

Comments

Blog Berkah. Diberdayakan oleh Blogger.

Search This Blog

Membuat Blogger Menjadi Mobile Version


Membuat Blogger Menjadi Mobile Version - Sudah 4 bulan lebih blog ini tidak saya update karena sibuk mengerjakan beberapa web project yang sedang dikejar deadline, bahkan untuk membalas beberapa komentar yang masuk pun harus saya panding terlebih dahulu. Setelah 4 bulan tidak membuka account blogger tentu saja membuat saya sedikit "ketinggalan jaman" dengan perkembangan dunia blogging. Salah satu perkembangan yang membuat saya tertarik adalah dengan bertambahnya fitur mobile template yang dikeluarkan oleh blogger, menurut saya fitur ini merupakan fitur yang telah lama ditunggu oleh para blogger ditengah-tengah meroketnya pengguna smartphone di Indonesia. 

Sayangnya, setelah saya coba untuk mengaktifkan fitur ini melalui setting blogger dan mencoba mengakses alamat blog saya melalui browser blackberry ternyata blogger belum mampu mendeteksi mobile browser secara otomatis, saya masih harus mengetikkan secara manual URL mobile version blog saya dengan menambahkan /?m=1 pada akhir alamat blog saya contohnya (http://www.devbook.net/?m=1). Saya juga kurang begitu paham apakah hal ini memang belum disupport oleh blogger atau karena blog ini menggunakan custom template yang bukan bawaan blogger. Karena rasa keinginan saya untuk membuat blog ini memiliki tampilan yang proporsional saat diakses melalui mobile browser akhirnya saya mencoba membuat sedikit barisan kode javascript untuk membaca mobile browser agar begitu blog diakses melalui mobile browser maka secara otomatis pengunjung akan diarahkan ke alamat mobile version blog kita.

Buat teman-teman blogger yang menginginkan blognya menjadi mobile version silahkan mengikuti beberapa langkah dibawah ini:
1. Login blogger kemudian masuk ke menu Settings kemudian pilih menu Email & Mobile


2. Pada pilihan Mobile template klik pada "yes, on mobile device, show the mobile version of my template", teman-teman blogger juga bisa mencobanya terlebih dahulu dengan mengklik mobile preview. Setelah selesai jangan lupa mengklik "Save" untuk menyimpan settingan.

Setelah selesai dengan settings blogger sekarang kita tinggal menambahkan beberapa kode javascript di template kita agar begitu pengunjung mengakses blog kita melalui mobile browser maka pengunjung akan diarahkan ke template mobile version blog kita.
1. Pilih menu Design >> Edit HTML

2. Masukkan kode dibawah ini tepat diatas kode <b:skin>
<script src='http://jqueryjs.googlecode.com/files/jquery-1.3.2.min.js' type='text/javascript'/>

<script src='http://viemonsta.googlecode.com/files/dev_mobile_for_blogger.js' type='text/javascript'/>
NB: bagi teman-teman blogger yang sudah menggunakan jquery di template blognya maka teman-teman cukup mengcopy code yang berwarna hitam.

3. Save Template

Setelah itu silahkan coba akses blog teman-teman melalui mobile browser seperti blackberry, iphone ataupun opera mini. Semoga sedikit tips diatas bermanfaat buat teman-teman blogger semua. Have nice blogging :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori trik blogger dengan judul Membuat Blogger Menjadi Mobile Version. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogberkah.blogspot.com/2012/09/membuat-blogger-menjadi-mobile-version.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Senin, 03 September 2012

Belum ada komentar untuk "Membuat Blogger Menjadi Mobile Version"

Posting Komentar