Random Post

Trending Topik

Popular Post

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Recent Post

CONTENT BLOGGER HERE
CONTENT TWITTER HERE
CONTENT FACEBOOK HERE

Comments

Blog Berkah. Diberdayakan oleh Blogger.

Search This Blog

Proposal PTK PLH SMP


A.      JUDUL PENELITIAN
UPAYA MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP  BAHAYA PENCEMARAN LINGKUNGAN  DENGAN METODE INQUIRY
( Penelitian Tindakan Kelas 7 SMPN 2 Jalaksana pada pembelajaran lingkungan hidup)

B.      MATA PELAJARAN DAN BIDANG KAJI
Penelitian ini adalah penelitian dalam mata pelajaran Mulok Lingkungan Hidup untuk murid kelas 7. Bidang kajian penelitian ini adalah termasuk dalam Kompetensi Dasar (KD) Pencemaran.

C.      PENDAHULUAN
Latar Belakang

Berdasarkan standar kompetensi disebutkan bahwa siswa kelas 7 semester 2 harus memiliki kemampuan memecahkan masalah bahaya pencemaran lingkungan pada mulok lingkungan hidup. Realita di kelas 7  semester 2 SMPN 2 Jalaksana sebelum dilakukan penelitian menunjukkan kemampuan yang rendah pada kepedulian terahadap bahaya pencemaran tersebut.
Dengan demikian mereka  mengalami kesulitan  untuk memecacahkan masalah bahaya pencemaran,baik dalam teori maupun dalam praktek sehari-hari. Selanjutnya untuk memecahkan masalah  tersebut,salah satu upaya yang dilakukan peneliti adalah menjelaskan indikator yang harus dikuasai siswa sebagai berikut:
1.         mengidentifikasi kepedulian siswa terhadap lingkungan serta permasalahannya.
2.         menjelaskan dan memperagakan melalui pengetahuan, ketrampilan dan sikap terhadap bahaya pencemaran.
3.         memberikan contoh bahaya pencemran tanah ,pencemran udara dan pencemran air bagi kehidupan dikaitkan dengan pemanasan global, perubahan iklim dan hujan asam.

D.      RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNYA
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagi berikut .
1.         Apakah  dengan proses pembelajaran tentang bahaya pencemaran dapat memecahkan permasalahan  lingkungan.
2.         Apakah  dengan menerapkan metode Inquiry tentang bahaya pencemaran dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan,  pada pembelajaran LH kelas 7 semester 2 di SMPN2 Jalaksana?.

E.       TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitia ini adalah sebagai berikut .untuk mengetahui sampai sejauh mana proses pembelajaran teori dan paraktek  bahaya pencemaran  dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan pada mulok LH kelas 7 semester  2 SMPN 2 Jalaksana.

F.       MANFAAT HASIL PENELITIAN
Manfaat penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut ;
1.         sebagai pedoman bagi  penulis  tentang bagaimana cara menerapkan pembelajaran meningkatkan kepedulian siswa  dan bahaya pencemran .
2.         manfaat bagi guru meningkatkan pengalaman dan inovasi  dalam pembelajaran tentang  bahaya pencemran.
3.         manfaat bagi siswa adalah meningkatkan kepedulian siswa terhadap bahaya pencemran lingkungan ,baik melalui teori maupun praktek.





G.      KAJIAN PUSTAKA
1.       BELAJAR MENINGKATKAN KEPEDULIAN  SISWA PADA LINGKUNGAN
Belajar merupakan  suatu proses meningkatkan kepedulian siswa sebagai  anggota masyarakat dalam ” mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial,budaya dan alam sekitarnya” (ps 2 pp no.29/ 1990). Hubungan timbal balik dengan lingkungkungan dan alam sekitarnya ditekankan kepada  kepedulian tentang lingkungan  serta  permasalahannya.
Pendidikan lingkungan hidup,adalah proses  pengembangan apresiasi akan saling ketergantungan antara  manusia dengan lingkungan biofisik dan binaanya sehingga terbina sikap dan nilai mau memelihara keselarasan dan kepedulian  hubungan  antara komponen-komponen lingkunga  hidup;
2.       BAHAYA PENCEMARAN
Pengertian pencemaran  menurut  UU no. 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup  adalah masuknya atau dimasukannya mahluk hidup,zat, energi, atau komponen lain  ke dalam lingkungan hidup oleh kegitan manusia sehingga kwalitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan  lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.
Ada dua sumber bahan pencemar,yaitu dari aktivitas alam dan bersumber aktivitas manusia. Sumber yang  kedua inilah yang selalu di hebohkan dan seharusnya di minimalkan. Aktivitas manusia di bidang transportasi ,pertanian , industri,perikanan dll, telah banyak  menyumbang bahan pencemar ke udara, ke tanah dan ke air.
Akibat  aktivitas  esploitasi yang berlebihan menyebabkan  pencemaran dan terganggunya keseimbangan  dan keserasian  lingkungan. Dan mengancam  kehidupan  di bumi secara global antara lain sebagai berikut :
a)        bumi makin panas  karena efek rumah kaca,yaitu makin tebalnya lapisan CO2 dan gas buangan di atmosfer.
b)       lapisan ozon di atmosfer menipis akibat dari produk rumah tangga yang banyak mengandung  freon  dan CFC.
c)        naiknya permukaan air laut.
d)       air tawar  yang bersih makin sukar diperoleh.
e)        musnahnya berbagai  macam species organisme secara beruntun
f)          terjadinya  hujan asam
g)        luas hutan semakin  berkurang.
h)        terjadinya perubahan iklim
Pencemaran tanah  disebakan oleh beberapa jenis pencemaran  sebagai berikut :
a)        sampah –sampah  plastic yang sukar hancur,botol ,karet sintetis,pencahan kaca dan kaleng.
b)       Zat kimia dari buangan pertanian misalnya insektisda.
c)        Detergen yang sulit di uraikan.
Sampah merupakan suatu yang tidak berguna  lagi dibuang oleh pemiliknya. Sampah  bisa menjdi suatu yang berharga  bila pengelolaannya  terdesntralisasi dengan cara di pilah –pilah berdasarkan jenis sampah. Misalnya ada sampah organik,anorganik ,sampah dari pemukiman ,sampah industri, sampah dari sisa bangunan  ,perkantoran dll.

H.      HIPOTESIS TINDAKAN
 Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Jika  pembelajaran lingkungan hidup kelas 7 semester 2 menggunakan  metode Inquiry tentang bahaya pencemaran,maka kepedulian siswa  terhadap lingkungan dapat meningkat.        



I.         RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
Prosedur penelitian tindakan kelas ini  terdidiri atas dua  siklus.  Dalam setiap siklus terdapat empat fase  yaitu 1.merencanakan PTK. 2. melakasanakan PTK.  3.melaksanakan observasi, dan 4.melaksanakan refleksi.  Keempat  fase tersebut direncanakan dan di laksanakan untuk meningkatakan mutu proses  pembelajaran sebagai berikut :
1.       Merencanakan PTK, yaitu :
a)        menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)  upaya meningkatkan kepedulian siswa terhadap bahaya pencemaran lingkungan. Dengan memberikan pengetahuan secara teori dan praktek diharapkan termotivasi untuk melaksanakan dan ada kepedulian terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
b)       membuat pedoman absorvasi sebagai  instrumen  untuk mengumpulkan data tentang proses pembelajaran.
c)        membuat tugas-tugas yang harus dikerjakan selama proses pembelajaran, untuk melihat ketercapaian indikator hasil belajar.
2.       Melaksanakan  PTK yaitu dengan melakukan proses pembelajaran  dengan berpedoman pada rencana pelaksanaan pembelajaran di atas.
3.       Melaksanakan Observasi atau pengamatan oleh  tiga orang observer terhadap proses pembelajaran yang dilakukukan penulis, dengan menggunakan  intrumen dan pedoman observasi terlampir.
4.       Melakukan  Refleksi setelah selesai proses belajar mengajar. Dengan refleksi  peneliti dapat menemukan penghambat peningkatan mutu PBM, dan solusi untuk  mengatasinya.
Pada siklus terakhir dilakukan  analisis data dengan urutan sebagai berikut          
1.       Mereduksi Data. 
Mereduksi data adalah  membuktikan hipotesis dengan membuang data yang tidak relevan dan mencatat  data yang relevan.


2.       Mengorganisasi Data.
Mengorganisasi data  artinya mendeskripsikan data secara naratif  sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran
3.       Menarik kesimpulan
Menarik kesimpulan yaitu kegiatan mengolah data secara kualitatif untuk menarik kesimpulan

























J.        JADWAL PENELITIAN.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang   dalaksanakan pada semester 2 yaitu pada bulan Maret 2008 siklus pertama . dan siklus kedua dalaksanakan pada bulan Maret 2008 pada minggu yang sama.
No.
Jenis Kegiatan
Bulan / Minggu
Maret
April
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Persiapan Penelitian


















2
Pelaksanaan Tindakan









2.1. Siklus I









2.2. Siklus II


















3
Penyusunan Laporan


















4
Pelaporan



















Tempat  penelitian ini dilakukan sesuai dengan tempat bekerja peneliti yaitu di SMPN 2 Jalaksana kabupaten kuningan.





K.      RENCANA  ANGGARAN
Dalam penelitian ini diperlukan anggaran Rp. 2000.000, dengan rincian  sebagai berikut :
No.
Jenis Kegiatan
Biaya
1.





2.






3.



4.
Persiapan Penelitian
1.1         ATK
1.2         Pembuatan Perangkat Penelitian
1.3         Penggandaan Perangkat Penelitian
1.4         Konsultasi
1.5         Transportasi
Pelaksanaan Tindakan
2.1         Transport
4 orang x 3 pertemuan x Rp. 15.000,-
2.2         Konsumsi
4 orang x 3 pertemuan x Rp. 10.000,-
2.3         Upah Lelah
4 orang x 3 pertemuan x Rp. 40.000,-
Pelaporan
3.1         Penyusunan Laporan
3.2         Penggandaan Laporan
3.3         Transport
Lain-lain tak terduga

Rp.     100.000,-
Rp.       50.000,-    
Rp.       25.000,-
Rp.     500.000,-
Rp.       25.000,-


Rp.     180.000,-

Rp.     120.000,-

Rp.     480.000,-

Rp.     200.000,-
Rp.     200.000,-
Rp.       50.000,-
Rp.       70.000,-
JUMLAH
Rp.  2.000.000,-

                                                                                
L.       PERSONALIA PENELITIAN
Penelitian ini memerlukan bantuan dari rekan-rekan peneliti, yang terdiri dari 2 orang observer dan 1 orang kamerawan.
                                                 
                      
DAFTAR FUSTAKA

BNSP ,(2006 ),Pedoman penyusunan KTSP
Departemen pendidikan nasional (2006),permen diknas Nomor 22,23, 24     jakarta  :Depdiknas.

UU No.20  Tahun  2003 .tentang sistem  pendidikan nasional.
Wardani ,(2002),penelitian tindakan kelas Jakarta 
Peraturan  gubernur jawa barat  No.25 tahun 2007,Mulok lingkungan hidup
Modul –modul PTK  LPMP  jawa barat
Kurikulum KTSP (2006 )


















LAMPIRAN –LAMPIRAN

Lampiran   1     Silabus pembelajaran
Lampiran   2     Dokumentasi foto kegiatan KBM  ketika penelitian
Lampiran   3     RPP siklus  I
Lampiran   4     RPP siklus 11
Lampiran   5     Pedoman Observasi
Lampiran   6     SK Pembagian Tugas Guru dalam PBM



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PTK SD dengan judul Proposal PTK PLH SMP. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogberkah.blogspot.com/2012/06/proposal-ptk-plh-smp.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Senin, 11 Juni 2012

Belum ada komentar untuk "Proposal PTK PLH SMP"

Posting Komentar