A. JUDUL PENELITIAN
UPAYA MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP BAHAYA PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN METODE INQUIRY
( Penelitian Tindakan Kelas 7 SMPN 2 Jalaksana pada pembelajaran lingkungan hidup)
B. MATA PELAJARAN DAN BIDANG KAJI
Penelitian ini adalah penelitian dalam mata pelajaran Mulok Lingkungan Hidup untuk murid kelas 7. Bidang kajian penelitian ini adalah termasuk dalam Kompetensi Dasar (KD) Pencemaran.
C. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Berdasarkan standar kompetensi disebutkan bahwa siswa kelas 7 semester 2 harus memiliki kemampuan memecahkan masalah bahaya pencemaran lingkungan pada mulok lingkungan hidup. Realita di kelas 7 semester 2 SMPN 2 Jalaksana sebelum dilakukan penelitian menunjukkan kemampuan yang rendah pada kepedulian terahadap bahaya pencemaran tersebut.
Dengan demikian mereka mengalami kesulitan untuk memecacahkan masalah bahaya pencemaran,baik dalam teori maupun dalam praktek sehari-hari. Selanjutnya untuk memecahkan masalah tersebut,salah satu upaya yang dilakukan peneliti adalah menjelaskan indikator yang harus dikuasai siswa sebagai berikut:
1. mengidentifikasi kepedulian siswa terhadap lingkungan serta permasalahannya.
2. menjelaskan dan memperagakan melalui pengetahuan, ketrampilan dan sikap terhadap bahaya pencemaran.
3. memberikan contoh bahaya pencemran tanah ,pencemran udara dan pencemran air bagi kehidupan dikaitkan dengan pemanasan global, perubahan iklim dan hujan asam.
D. RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNYA
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagi berikut .
1. Apakah dengan proses pembelajaran tentang bahaya pencemaran dapat memecahkan permasalahan lingkungan.
2. Apakah dengan menerapkan metode Inquiry tentang bahaya pencemaran dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan, pada pembelajaran LH kelas 7 semester 2 di SMPN2 Jalaksana?.
E. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitia ini adalah sebagai berikut .untuk mengetahui sampai sejauh mana proses pembelajaran teori dan paraktek bahaya pencemaran dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan pada mulok LH kelas 7 semester 2 SMPN 2 Jalaksana.
F. MANFAAT HASIL PENELITIAN
Manfaat penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut ;
1. sebagai pedoman bagi penulis tentang bagaimana cara menerapkan pembelajaran meningkatkan kepedulian siswa dan bahaya pencemran .
2. manfaat bagi guru meningkatkan pengalaman dan inovasi dalam pembelajaran tentang bahaya pencemran.
3. manfaat bagi siswa adalah meningkatkan kepedulian siswa terhadap bahaya pencemran lingkungan ,baik melalui teori maupun praktek.
G. KAJIAN PUSTAKA
1. BELAJAR MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA PADA LINGKUNGAN
Belajar merupakan suatu proses meningkatkan kepedulian siswa sebagai anggota masyarakat dalam ” mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial,budaya dan alam sekitarnya” (ps 2 pp no.29/ 1990). Hubungan timbal balik dengan lingkungkungan dan alam sekitarnya ditekankan kepada kepedulian tentang lingkungan serta permasalahannya.
Pendidikan lingkungan hidup,adalah proses pengembangan apresiasi akan saling ketergantungan antara manusia dengan lingkungan biofisik dan binaanya sehingga terbina sikap dan nilai mau memelihara keselarasan dan kepedulian hubungan antara komponen-komponen lingkunga hidup;
2. BAHAYA PENCEMARAN
Pengertian pencemaran menurut UU no. 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup adalah masuknya atau dimasukannya mahluk hidup,zat, energi, atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegitan manusia sehingga kwalitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.
Ada dua sumber bahan pencemar,yaitu dari aktivitas alam dan bersumber aktivitas manusia. Sumber yang kedua inilah yang selalu di hebohkan dan seharusnya di minimalkan. Aktivitas manusia di bidang transportasi ,pertanian , industri,perikanan dll, telah banyak menyumbang bahan pencemar ke udara, ke tanah dan ke air.
Akibat aktivitas esploitasi yang berlebihan menyebabkan pencemaran dan terganggunya keseimbangan dan keserasian lingkungan. Dan mengancam kehidupan di bumi secara global antara lain sebagai berikut :
a) bumi makin panas karena efek rumah kaca,yaitu makin tebalnya lapisan CO2 dan gas buangan di atmosfer.
b) lapisan ozon di atmosfer menipis akibat dari produk rumah tangga yang banyak mengandung freon dan CFC.
c) naiknya permukaan air laut.
d) air tawar yang bersih makin sukar diperoleh.
e) musnahnya berbagai macam species organisme secara beruntun
f) terjadinya hujan asam
g) luas hutan semakin berkurang.
h) terjadinya perubahan iklim
Pencemaran tanah disebakan oleh beberapa jenis pencemaran sebagai berikut :
a) sampah –sampah plastic yang sukar hancur,botol ,karet sintetis,pencahan kaca dan kaleng.
b) Zat kimia dari buangan pertanian misalnya insektisda.
c) Detergen yang sulit di uraikan.
Sampah merupakan suatu yang tidak berguna lagi dibuang oleh pemiliknya. Sampah bisa menjdi suatu yang berharga bila pengelolaannya terdesntralisasi dengan cara di pilah –pilah berdasarkan jenis sampah. Misalnya ada sampah organik,anorganik ,sampah dari pemukiman ,sampah industri, sampah dari sisa bangunan ,perkantoran dll.
H. HIPOTESIS TINDAKAN
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Jika pembelajaran lingkungan hidup kelas 7 semester 2 menggunakan metode Inquiry tentang bahaya pencemaran,maka kepedulian siswa terhadap lingkungan dapat meningkat.
I. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdidiri atas dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat empat fase yaitu 1.merencanakan PTK. 2. melakasanakan PTK. 3.melaksanakan observasi, dan 4.melaksanakan refleksi. Keempat fase tersebut direncanakan dan di laksanakan untuk meningkatakan mutu proses pembelajaran sebagai berikut :
1. Merencanakan PTK, yaitu :
a) menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) upaya meningkatkan kepedulian siswa terhadap bahaya pencemaran lingkungan. Dengan memberikan pengetahuan secara teori dan praktek diharapkan termotivasi untuk melaksanakan dan ada kepedulian terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
b) membuat pedoman absorvasi sebagai instrumen untuk mengumpulkan data tentang proses pembelajaran.
c) membuat tugas-tugas yang harus dikerjakan selama proses pembelajaran, untuk melihat ketercapaian indikator hasil belajar.
2. Melaksanakan PTK yaitu dengan melakukan proses pembelajaran dengan berpedoman pada rencana pelaksanaan pembelajaran di atas.
3. Melaksanakan Observasi atau pengamatan oleh tiga orang observer terhadap proses pembelajaran yang dilakukukan penulis, dengan menggunakan intrumen dan pedoman observasi terlampir.
4. Melakukan Refleksi setelah selesai proses belajar mengajar. Dengan refleksi peneliti dapat menemukan penghambat peningkatan mutu PBM, dan solusi untuk mengatasinya.
Pada siklus terakhir dilakukan analisis data dengan urutan sebagai berikut
1. Mereduksi Data.
Mereduksi data adalah membuktikan hipotesis dengan membuang data yang tidak relevan dan mencatat data yang relevan.
2. Mengorganisasi Data.
Mengorganisasi data artinya mendeskripsikan data secara naratif sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran
3. Menarik kesimpulan
Menarik kesimpulan yaitu kegiatan mengolah data secara kualitatif untuk menarik kesimpulan
J. JADWAL PENELITIAN.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang dalaksanakan pada semester 2 yaitu pada bulan Maret 2008 siklus pertama . dan siklus kedua dalaksanakan pada bulan Maret 2008 pada minggu yang sama.
No. | Jenis Kegiatan | Bulan / Minggu | |||||||
Maret | April | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Persiapan Penelitian | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
2 | Pelaksanaan Tindakan | | | | | | | | |
| 2.1. Siklus I | | | | | | | | |
| 2.2. Siklus II | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
3 | Penyusunan Laporan | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
4 | Pelaporan | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
Tempat penelitian ini dilakukan sesuai dengan tempat bekerja peneliti yaitu di SMPN 2 Jalaksana kabupaten kuningan.
K. RENCANA ANGGARAN
Dalam penelitian ini diperlukan anggaran Rp. 2000.000, dengan rincian sebagai berikut :
No. | Jenis Kegiatan | Biaya |
1. 2. 3. 4. | Persiapan Penelitian 1.1 ATK 1.2 Pembuatan Perangkat Penelitian 1.3 Penggandaan Perangkat Penelitian 1.4 Konsultasi 1.5 Transportasi Pelaksanaan Tindakan 2.1 Transport 4 orang x 3 pertemuan x Rp. 15.000,- 2.2 Konsumsi 4 orang x 3 pertemuan x Rp. 10.000,- 2.3 Upah Lelah 4 orang x 3 pertemuan x Rp. 40.000,- Pelaporan 3.1 Penyusunan Laporan 3.2 Penggandaan Laporan 3.3 Transport Lain-lain tak terduga | Rp. 100.000,- Rp. 50.000,- Rp. 25.000,- Rp. 500.000,- Rp. 25.000,- Rp. 180.000,- Rp. 120.000,- Rp. 480.000,- Rp. 200.000,- Rp. 200.000,- Rp. 50.000,- Rp. 70.000,- |
JUMLAH | Rp. 2.000.000,- |
L. PERSONALIA PENELITIAN
Penelitian ini memerlukan bantuan dari rekan-rekan peneliti, yang terdiri dari 2 orang observer dan 1 orang kamerawan.
DAFTAR FUSTAKA
BNSP ,(2006 ),Pedoman penyusunan KTSP
Departemen pendidikan nasional (2006),permen diknas Nomor 22,23, 24 jakarta :Depdiknas.
UU No.20 Tahun 2003 .tentang sistem pendidikan nasional.
Wardani ,(2002),penelitian tindakan kelas Jakarta
Peraturan gubernur jawa barat No.25 tahun 2007,Mulok lingkungan hidup
Modul –modul PTK LPMP jawa barat
Kurikulum KTSP (2006 )
LAMPIRAN –LAMPIRAN
Lampiran 1 Silabus pembelajaran
Lampiran 2 Dokumentasi foto kegiatan KBM ketika penelitian
Lampiran 3 RPP siklus I
Lampiran 4 RPP siklus 11
Lampiran 5 Pedoman Observasi
Lampiran 6 SK Pembagian Tugas Guru dalam PBM
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PTK SD
dengan judul Proposal PTK PLH SMP. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogberkah.blogspot.com/2012/06/proposal-ptk-plh-smp.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Unknown - Senin, 11 Juni 2012
Belum ada komentar untuk "Proposal PTK PLH SMP"
Posting Komentar